Inilah Kelebihan Ngeblog di Blogger yang Tidak Dimiliki WordPress Self Hosting

Blogger vs WordPress memang tidak bisa dibandingkan hanya dalam satu sisi. Keduanya mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Setelah hampir setahun ngeblog di Blogger dan WordPress self hosting, saya menemukan beberapa kelebihan Blogger yang tidak dimiliki WordPress.

Apa saja kelebihan Blogger dibanding WordPress self hosting? 

1.  Ngeblog di Blogger Gratis

Ngeblog di Blogger gratis selamanya, kita bisa posting artikel, gambar dan video sepuasnya. Tidak perlu khawatir kehabisan quota disk space.

Tidak terbatasnya disk space ini membuat kita lebih leluasa menulis. Kita bisa menulis artikel apa saja, atau posting foto dan video apa saja selama konten tersebut tidak melanggar privasi dan kebijakan Google serta tidak melanggar undang-undang.

Namun walaupun bebas menulis, sebaiknya tulislah hal-hal positif yang dapat memberi manfaat dan mendorong pembaca untuk berbuat lebih baik. Agar tulisan kita di blog bermanfaat pula bagi kita di kemudian hari.

2. Bandwidth Unlimited

Apabila postingan di blog kita sudah banyak, misalnya sudah mencapai 3.000 artikel. Kalau artikel-artikel tersebut banyak dicari pembaca dan berada di halaman pertama Google, maka besar kemungkinan blog tersebut akan dikunjungi oleh ribuan, puluhan ribu atau bahkan mencapai ratusan ribu pengunjung setiap harinya.

Meskipun pengunjungnya mencapai ratusan ribu, kita tidak perlu khawatir blog akan down atau website busy seperti pada blog self hosting karena Blogger mampu menampung visitor dalam jumlah banyak.

3. Kualitas Server Handal

Blogger adalah flatform blog milik Google, sebuah perusahaan search engine raksana yang servernya berada di USA. Kemungkinan mengalami down sangat kecil dibandingkan dengan provider webhosting.

4. Dasbor Bebas Iklan

Web browser di komputer kita kadang terkena virus iklan, sehingga setiap kita membuka browser suka muncul iklan popup yang mengganggu dan terkadang menutup layar monitor.

Iklan-iklan popup ini tidak akan muncul saat kita berada di dasbor Blogger. Jadi dengan ngeblog di Blogger kita tidak akan terganggu dengan iklan popup.

Sedikit tips untuk menghilangkan virus iklan popup, silakan cari virus tersebut di control panel lalu uninstall. 

5. Tulisan Abadi

Tadi sudah disebutkan dalam point 1, salah satu kelebihan ngeblog di Blogger yaitu gratis selamanya. Jika konten kita tidak melanggar kebijakan Google serta tidak bertentangan dengan undang-undang yang berlaku, maka selama Blogger ada, tulisan kita akan tetap ada dan bisa diakses oleh pengguna internet.

Sedangkan blog self hosting terbatas oleh waktu kontrak (sewa) hosting. Jika waktu sewanya habis (exfire), maka blog kita tidak bisa dibuka lagi. Kecuali segera diperpanjang.

Tidak adil jika hanya membahas kelebihannya saja, Blogger juga memiliki beberapa kekurangan.

Inilah Kelebihan Ngeblog di Blogger yang Tidak Dimiliki WordPress

Ini dia kekurangan Blogger dibandingkan blog self hosting:

1. Kurang Laku Dijual

Jika Anda ngeblog untuk mengembangkan website sampai besar seperti portal berita atau forum-forum sosial yang tengah populer di Indonesia saat ini, Anda tidak cocok menggunakan flatform Blogger.

Seberapapun ramainya, Blog yang menggunakan flatform Blogger agak susah kalau dijual.

2. Domain Terlalu Panjang

Pengguna flatform Blogger otomatis akan menggunakan subdomain blogspot.com (kecuali diganti dengan domain sendiri). Subdomain ini terlalu panjang dan kurang terlihat profesional, sangat jelas terlihat gratisannya. 

3. Tidak Memiliki Otoritas Penuh

Kita tidak memiliki otoritas penuh untuk mengelola blog kita, karena hostingnya numpang di Blogger. Kalau kita melanggar kebijakan privasi mereka, blog kita akan dihapus. Untuk mengembalikannya agar bisa online kembali membutuhkan waktu, dan tidak dijamin 100% komplen kita akan diterima oleh Blogger.

Jika pelanggarannya dianggap fatal, bisa saja mereka menghapus blog kita secara permanen.

Itulah kelebihan ngeblog di Blogger beserta kekurangannya. Jika ada tambahan atau koreksi, silakan tulis pada kolom komentar. Terima kasih, semoga bermanfaat!

0 comments